Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak

Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak

kotrbiotech.com – Akhir-akhir ini banyak sekali anak-anak yang gemar sekali memainkan slime. Slime merupakan mainan yang sangat populer yang sangat disukai anak-anak (dan orang dewasa). Bahkan Anak-anak sangat gemar untuk membuatnya sendiri dan kemudian dimainkan. Mereka akan bermain dengan cara menarik, meregangkan serta meremas gemas slime tersebut. Tak jarang mereka juga menambahkan gliter atau pernak – Pernik lain seperti manik-manik berbagai bentuk.

Tutorial pembuatan nya juga tersebar banyak di medsos dan internet. Tetapi masalahnya, ada banyak resep slime yang menggunakan boraks yang merupakan bahan tambahan cucian. Meskipun kami tidak pernah mengalami masalah dengan boraks, beberapa orang telah melaporkan luka bakar dari jenis bahan ini. Kekhawatiran yang terjadi yaitu apakah boraks tersebut aman Ketika dipakai mainan oleh anak-anak? Boraks Ini juga dapat mengiritasi kulit yang sensitif. Jadi sebaiknya anda memilih resep pembuatan slime yang tanpa menggunakan boraks.

Soalnya, kebanyakan resep “bebas boraks” di internet sebenarnya masih menggunakan boraks. Setelah penelitian ekstensif, kami menemukan bahwa sebagian besar resep bebas boraks mengandung tepung cair atau deterjen cair. Setelah memindai cepat beberapa label dan beberapa situs web produsen, saya menyadari bahwa banyak pati dan deterjen mengandung boraks, yang sering dicantumkan sebagai nama ilmiahnya sodium tetraborate decahydrate.

Jadi, setelah menguji metode alternatif, saya menemukan tiga resep yang benar-benar bebas boraks. Dua resep pertama membuat apa yang disebut slime “halus”, atau slime yang memiliki udara dan hampir seperti adonan. Yang terakhir adalah slime yang lebih tradisional yang memiliki banyak peregangan.

Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak
Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak

Resep dasar slime empuk

Ini adalah resep sederhana yang dapat disesuaikan untuk membuat berbagai bentuk slime yang mengembang. Tambahkan lebih banyak air untuk slime yang lebih basah dan elastis, potongan manik-manik polystyrene untuk membuat slime popping atau glitter untuk slime unicorn, misalnya.

Untuk membuat slime, Anda membutuhkan sampo jenis apa pun. Akan tetapi memilih shampoo yang lebih kental, itu akan menjadikan slime lebih baik serta menyiapkan tepung maizena. Berikut ini adalah cara membuatnya:

  1. Pertama Masukkan 1/2 cangkir shampo (pilih yang kental), masukkan ke dalam mangkok.
  2. Kemudian tambahkan sebanyak 1/4 cangkir tepung maizena ke dalam mangkuk tersebut.
  3. Aduk hingga merata.
  4. Tambahkan 3 tetes pewarna makanan (opsional).
  5. Tambahkan 1 sendok makan air dan aduk.
  6. Secara perlahan tambahkan 5 sendok makan air lagi, aduk secara merata setelah masing-masing.
  7. Uleni slime selama sekitar 5 menit hingga sampai pada tekstur yang kita inginkan.

Jika ternyata slime masih lengket setelah diremas-remas / diuleni sebentar, anda dapat menambahkan tepung maizena ke dalam slime dan uleni sampai konsistensinya bagus.

Resepnya ini berhasil dengan baik ketika saya mencobanya beberapa kali hanya dengan 1/4 cangkir tepung maizena, tetapi seorang rekan kerja menemukan bahwa dia membutuhkan 2 1/4 cangkir untuk mendapatkan konsistensi seperti adonan dari slime halus yang bagus. Saya pikir merek tepung jagung dan kelembapan mungkin banyak berhubungan dengan perbedaan jumlah tepung jagung dari apa yang saya amati dalam eksperimen saya. Selama Anda mendapatkan slime semi-keras, semi-melar, lembab, ringan, hampir seperti adonan, Anda melakukan resep dengan benar. Resep berikutnya memiliki konsistensi yang serupa.

Berikut adalah  Resep slime gunung berapi yang sangat lembut

Lendir gunung berapi saat masih agak hangat.

Lendir ini disebut lendir gunung berapi karena bereaksi terhadap panas. Setelah Anda berhasil membuat slime, Anda bisa memasukkannya ke dalam microwave selama 20 detik untuk membuatnya meleleh menjadi zat seperti lava. Saat dingin, itu akan berubah kembali menjadi lendir yang halus.

Anda hanya perlu menyiapkan lem putih dan tepung maizena untuk membuat slime gunung berapi yang lembut. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Tuang 1/4 cangkir lem sekolah putih dan 1/2 cangkir tepung maizena ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan 3 tetes pewarna makanan (opsional).
  3. Campur dengan baik.
  4. Uleni dengan tangan selama 10 menit.
  5. Panaskan dalam microwave selama 20 detik.
  6. Biarkan dingin, lalu uleni lagi selama 10 menit.
Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak
Slime Empuk Yang Aman Untuk Anak

Slime pasir yang melar

Resep ini akan membantu anda untuk membuat slime dengan kualitas seperti  slime boraks. Slime ini lebih elastis dan lengket. Ini akan memiliki tekstur kasar, seperti pasir.

Yang perlu Anda siapkan adalah lem putih, soda kue, dan larutan lensa kontak. Kemudian, ikuti saja petunjuk ini:

  1. Tuang 1 cangkir lem ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan 1 sendok makan soda kue.
  3. Tambahkan tiga tetes pewarna makanan (opsional).
  4. Aduk rata.
  5. Tambahkan 1 sendok makan larutan lensa kontak.
  6. Aduk rata.
  7. Terus tambahkan satu sendok makan larutan lensa kontak dan aduk sampai Anda mendapatkan konsistensi yang bagus.

Memainkan adonan akan membuatnya lebih kencang, jadi jika terlihat sedikit lembek, uleni saja selama beberapa menit.

Itu tadi beberapa cara membuat slime yang berkualitas dan aman untuk anak. Selamat mencoba dan terima kasih atas perhatiannya..

Baca juga: Jajanan Anak Yang Lagi Viral 2021

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.